Cara Memilih Resep Masakan yang Mudah dan Praktis

Bagi perempuan harus bisa memasak. Mungkin tahu cara membuat sarapan bagi dirinya dan keluarga. Lebih baik lagi jika bisa memasak menu untuk seharian sehingga tidak mengandalkan jasa catering atau jajan di jalan. Lebih bagus lagi jika punya menu andalan keluarga yang sesederhana apapun sangat diminati anak dan suami.

resep sup mudah dan praktis

Kamu tahu tidak, kalau ada situs yang menyimpan banyak sekali menu praktis siap coba? Ada kumpulan resep makanan lengkap yang bisa dicoba. Bahkan para pemula pun bisa mencobanya. Yang sudah ahli memasak pun bisa mengeksplore aneka resep pilihan. Saran saya bagi pemula, tak ada salahnya menggunakan buku resep setiap kali membuat masakan untuk keluarga di rumah. Namun jangan sembarang resep yang dipilih karena tidak semua resep dapat dibuat dengan mudah. Berikut ini beberapa cara memilih resep masakan yang mudah dan praktis untuk dicoba:

1. Bahan yang mudah didapatkan
  Perhatikan dan kenali bahan yang digunakan untuk membuat masakan adalah langkah pertama yang harus diperhatikan. Setelah mengetahui jenis bahan yang digunakan, cari bahan yang sekiranya mudah kamu dapatkan. Perhatikan baik-baik semua bahan yang dibutuhkan beserta takarannya. Perlu kamu ketahui bahwa setiap bahan masakan yang dibuat harus menggunakan bumbu yang lengkap. Apabila tidak lengkap, akan menyebabkan rasa masakan menjadi tidak sesuai harapan.

asem jawa


2. Cara memasak yang mudah
   Ketika belajar memasak, sebaiknya kamu juga memilih jenis menu masakan yang mudah untuk dibuat. Usahakan yang tidak membutuhkan teknik khusus ketika memasak. Pilih cara memasak yang lebih mudah. Jika kamu termasuk pemula dan ingin belajar memasak, apabila teknik memasak yang kamu pilih terlalu rumit, itu hanya akan menyulitkan dirimu sendiri. Jangan lupa, pilih cara masak yang mudah dan praktis untuk dibuat. Dengan demikian Anda akan lebih mudah untuk menyiapkan untuk keluarga dirumah.

3. Menu makanan sehari-hari
   Sebaiknya kamu memilih jenis dan cara memasak untuk sehari-hari. Dengan demikian, kamu akan menjadi lebih mahir ketika menyiapkan masakan setiap harinya. Juga, usahakan memilih jenis resep yang menggunakan bumbu yang ada setiap harinya. Akan lebih mudah jika kamu memiliki stok bumbu di rumah seperti bawang-bawangan dan bumbu dapur standar. Jika memang perlu bumbu yang tidak lazim seperti angkak, kayu manis dan sebagainya, jangan ragu untuk menyetoknya juga, siapa tahu butuh eksplor lebih banyak menu masakan. Dengan demikian, memasak akan menjadi lebih menyenangkan.

4. Adanya buku dan video panduan
   Masih ragu memasak sendiri? Saya sarankan membeli buku masakan yang memberikan buku dan video panduan. Dengan demikian akan memberikan kejelasan saat memasak masakan yang ada dalam resep tersebut. Ada banyak sekali jenis buku resep yang ada namun yang menggunakan video panduan akan membuat Anda mengerti lebih cepat. Selain itu pastikan bahwa buku ditulis langsung oleh ahli masak yang berpengalaman.

5. Memenuhi kriteria gizi
   Ketika memilih jenis resep masakan yang ada di dalam resep, ada baiknya juga memenuhi kriteria gizi. Kamu tentu ingin memenuhi kebutuhan gizi keluarga setiap harinya. Carilah resep masakan yang memiliki nilai gizi tinggi. Juga, pakailah selalu bahan masakan yang segar dan berkualitas. Juga, perhatikan proses pematangan. Sebaiknya jangan terlalu matang agar kandungan gizinya tidak hilang.

resep rendang lezat


6. Makan yang disukai
  Memasak apapun, yang pertama adalah memasaklah menu yang  kamu sukai dulu. Ini penting agar ada kepuasan tersendiri selama memasak dan ketika selesai. Apabila kamu dan keluargamu menyukai masakan dalam negeri., ya masaklah menu dalam negeri. Jika suka makanan dari luar negeri, cobalah saja. Tak masalah, yang terpenting kamu senang melakukannya. Jangan mencoba masakan yang tidak kamu sukai walaupun resep makanan tersebut terlihat enak dan nikmat. Pun ketika membeli buku resep masakan, ada baiknya jenis masakan yang disukai saja sehingga lebih bermanfaat untukmu.

Bagaimana? Masih ingin mengatakan kamu tidak bisa memasak? Coba saja dulu... mudah kok. Tak ada yang sulit kalau mau mencoba.

0 Response to "Cara Memilih Resep Masakan yang Mudah dan Praktis"

Post a Comment